PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATTLE CARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Adi Masita, NIM.: 18104080006 (2022) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATTLE CARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATTLE CARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BATTLE CARD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya,saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi media pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah media battle card. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perbedaan motivasi belajar melalui penggunaan media battle card pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) bagaimana perbedaan hasil belajar melalui penggunaan media battle card pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (3) bagaimana perbedaan motivasi dan hasil belajar melalui penggunaan media battle card pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah (1) Angket dan (2) Soal Post tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample Tes dan uji MANOVA, menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan media battle card terhadap motivasi belajar matematika dengan nilai sig. 0.014 < 0.05,(2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan media battle card dengan nilai sig. 0.000 < 0.05, (3) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar melalui penggunaan media battle card dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media battle card memiliki pengaruh terhadap terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah M.Si,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Battle Card, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:46
Last Modified: 04 Nov 2022 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum