IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Dini Haryati, NIM.: 18104080004 (2022) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an kelas IV SDIT Salsabila 3 Banguntapan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi secara langsung dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi, wawancara dengan pihak-pihak yang terkait, dan pengumpulan dokumen-dokumen sebagai pendukung, dengan latar belakang Lembaga SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Objek penelitian ini adalah guru tahfidz kelas IV, koordinator tahfidz Qur’an dan siswa kelas IV di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan pengamatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan adalah: (1) pelaksanaan menghafal menggunakan metode talaqqi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan terdiri dari tahap yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi, (2) faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas, siswa masih kesulitan dalam mengatur waktu, kurang istiqomah dalam mentalaqqi ayat-ayat hafalan. Sedangkan dari faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung, adanya guru yang professional, lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Jauhar Hatta, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode talaqqi, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:13
Last Modified: 04 Nov 2022 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum