ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Marsha Alief Noermayanti, NIM.: 18104020060 (2022) ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN SINAR MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta, menganalisis problematika pembelajaran bahasa Arab, serta mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan oleh pengajar bahasa Arab dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji objektivitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Sinar Melati Yogyakarta meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, peserta didik masih mengalami problematika linguisik dan non-linguistik. Problematika linguistik dapat dilihat pada 4 aspek, yaitu 1) aspek fonologi, yakni adanya kesulitan pelafalan huruf-huruf hijaiyyah, 2) Aspek morfologi, adanya kesulitan dalam menghafal perubahan bentuk kata, 3) Aspek sintaksis, kesulitan dalam mengucapkan ujaran dalam bahasa Arab, dan 4) aspek semantik, ketidakmampuan peserta didik dalam menerjemahkan dengan tepat. Adapun problematika non-linguistik pembelajaran bahasa Arab terdapat 5 hal, yaitu 1) kurangnya motivasi belajar peserta didik, 2) kurangnya pemanfaatan sarana prasarana belajar oleh pengajar, 3) minimnya penguasaan metode pembelajaran, 4) alokasi waktu yang terbatas, dan 5) tidak diterapkannya lingkungan berbahasa. Untuk upaya yang dilakukan pengajar dalam mengatasi problematika yang terjadi adalah dengan mengadakan tahsin Al-Qur‟an, memperbanyak pemberian mufradat, penyampaian materi secara efektif dan efisien, memberikan apresiasi dan motivasi bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Linguistik, Non-Linguistik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 16:09
Last Modified: 04 Nov 2022 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum