EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

SIQAH PRIZATI AZHARI, NIM.: 18104020021 (2022) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18104020021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
18104020021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang membosankan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui proses eksperimentasi Metode Role Playing dalam pelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas IV di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian True-exsperimental dengan menggunakan desain posttest-only control-group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Nurul Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling sehingga peneliti mengambil dua kelas sebagai sampling yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh tujuan penelitian, peneliti menggunakan instrumen angket minat belajar siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Pengelolaan data digunakan analisis data deskriptif serta analisis data inferensial. Proses eksperimentasi penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua sempel. Kelas kontrol yaitu kelas tanpa penerapan metode Role Playing, sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas dengan penerapan metode Role Playing. Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode Role Playing efektif xxiv dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 16:10
Last Modified: 04 Nov 2022 16:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum