HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANTUL

Desi Zalfa Fitrianing Pratama, NIM.: 18104010077 (2022) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANTUL)
18104010077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANTUL)
18104010077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul sangat membantu proses pembelajaran. Media adalah salah satu upaya untuk mengembangkan minat belajar peserta didik. Peserta didik akan merasa senang ketika pembelajaran menggunakan media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan seberapa tinggi minat belajar siswa pada pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, 2) Untuk mendeskripsikan tingkat efektifitas pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, 3) Menguji secara empiris hubungan antara pemanfaatan media audio visual dengan minat belajar SKI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul sebanyak 41 responden. Dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode skala sikap, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan analisis Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Minat belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul secara umum berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 54,07. Persentase yang termasuk tinggi sebesar 19%, sedangkan persentase yang termasuk kategori sedang sebesar 66% dan persentase dalam kategori rendah sebesar 15%, 2) Pemanfaatan media audio visual kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul secara umum berada dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata 53,76. Persentase yang termasuk tinggi atau sangat efektif sebesar 22%, sedangkan persentase yang termasuk kategori sedang atau efektif sebesar 61% dan persentase dalam kategori kurang efektif sebesar 17%. 3) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pemanfaatan media audio visual dengan minat belajar sejarah kebudayaan Islam kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul (rxy = 0,881, p (two tailed) = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hubungan, pemanfaatan media audio visual, minat belajar sejarah kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:34
Last Modified: 07 Nov 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum