PENGEMBANGAN APLIKASI AL-’ARABIYA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PRESENTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA

Anggi Setiawan, NIM.: 17104020047 (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI AL-’ARABIYA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PRESENTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI AL-’ARABIYA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PRESENTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA)
17104020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI AL-’ARABIYA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PRESENTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 1 PURBALINGGA)
17104020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran Bahasa Arab dan keterbatasan dalam mempresentasikan atau menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa karena pembelajran dilakukan secara daring yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti menawarkan sebuah media pembelajaran yang membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa arab secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan Aplikasi Al-’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga, (2) mengetahui kualitas Aplikasi Al- ’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 3D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan). Subjek penelitian ini meliputi satu ahli media, satu ahli materi, dan limabelas peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga. Objek penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran. Instrument yang digunakan untuk menilai kualitas aplikasi meliputi angket penilaian ahli media, ahli materi, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini berupa (1) pengembanganAplikasi Al-’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga, (2) kualitas Aplikasi Al-’Arabiya berbasis android dengan menggunakan Powerpoint iSpring Presenter untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Purbalingga termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan presentase keidealan 92,8% berdasarkan penilaian ahli media, dan presentase keidealan 96,1% berdasarkan penilaian ahli materi, serta hasil respon dari 15 peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 88,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Al-’Arabiya, Berbasis Android, Powerpoint iSpring Presenter
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 13:05
Last Modified: 07 Nov 2022 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum