PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV MI SULTAN AGUNG

Nia Aulia Rahmah, NIM.: 17104080016 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV MI SULTAN AGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV MI SULTAN AGUNG SKRIPSI)
17104080016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV MI SULTAN AGUNG SKRIPSI)
17104080016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon siswa ketika belajar menggunakan media audio visual pada mata pelajaran PPKn, untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Dalam pembelajaran guru diharapkan untuk berinovasi dalam menyampaikan materi pelajaran agar tidak bersifat monoton sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang tepat dan efektif. Media audio visual sebagai salah satu media yang dapat menjadikan pembelajaran yang lebih efektif sehingga diharapkan dengan adanya penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini menggunakan data-data numeric yang diolah menggunakan statistic dengan uji Paired Sample Test dengan bantuan aplikasi SPSS, penelitian ini menggunakan instrument berupa tes dan non tes hasil wawancara yang diperoleh dari siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas IV MI memiliki hasil yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan analisa Paired Sample Test menunjukan nilai mean kelas eksperimen 8.71 dan nilai mean kelas kontrol 7.69. Dengan demikian penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 15:46
Last Modified: 07 Nov 2022 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum