EVALUASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN BIDANG ILMU KEBIDANAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ‘AISIYAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONSPECTUS

Agus Suyanto, NIM.: 10242026 (2012) EVALUASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN BIDANG ILMU KEBIDANAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ‘AISIYAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONSPECTUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN BIDANG ILMU KEBIDANAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ‘AISIYAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONSPECTUS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN BIDANG ILMU KEBIDANAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ‘AISIYAH YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONSPECTUS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini adalahfield research yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Evaluasi koleksi bidang ilmu kebidanan di STIKES ‘Aisiyah dengan menggunakan metode conspectus. Sumber data dalam penelitian ini adalah koleksi buku teks dan jurnal subyek kebidanan yang ada di perpustakaan STIKES Aisiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survai, observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kerja conspectus serta hasil wawancara dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan mengumpulkan hasil penilaian evaluator terhadap lembar kerja conspectus, display data dan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu Conspectus adalah sebuah metode untuk menganalisis dan mengevaluasi yang berdasarkan collection based serta memungkinkan kontrol bahan literatur perpustakaan berdasarkan tingkatan indikator dan cakupan bahasa yang penilaiannnya dilakukan oleh evaluator.Pelaksanaan metode conspectus di perpustakaan STIKES ‘Aisiyah berdasarkan WLN berdasarkan struktur bahwa Ilmu Kebidanan termasuk kedalam divisi kesehatan, berdasarkan kategori termasuk pada ginekologi dan obstetri pada skema klasifikasi 618, serta 27 subyek. Penggunaan Kode standar yang diberikan oleh evaluator terhadap koleksi perpustakaan STIKES’Aisiyah berkisar pada aras 2-3a dengan kode bahasa di dominasi oleh bahasa Indonesia dengan kode Y.Hasil evaluasi yang didapat Kekuatan koleksi subyek kebidanan berada pada bidang subyek obstetri/Ilmu kebidanan dengan 739 judul 2294 eksemplar. Sedangkan kelemahan koleksi perpustakaan STIKES Aisiyah adalah bidang subyek Bunga Rampai Obstetri dan Ginekologi dengan 1 judul 14 eksemplar. Sementara itu evaluasi koleksi perpustakaan untuk tahun terbit koleksi didominasi oleh terbitan tahun 2000-2009 dengan 1044 judul atau 61,05 % dari total koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan STIKES ‘Aisiyah. Terbitan <1989 berjumlah 89 judul dengan persentase 5,21 %. Saran yang diberikan kepada perpustakaan STIKES ‘Aisiyah adalah Evaluasi koleksi pada perpustakaan STIKES ‘Aisiyah perlu dilakukan secara berkala dengan metode berorientasi kepada use and user based atau collection based. Perpustakaan STIKES ‘Aisiyah aktif mencari sumber informasi baru di internet guna mengkoleksi bidang subyek dalam kategori rendah serta ketersediannya langka di pasaran dalam bentuk digital yang kemudian di cetak dalam bentuk buku.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Conspectus, Koleksi Perpustakaan, STIKES ‘Aisiyah
Subjects: Perpustakaan > Pelestarian Koleksi
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 13:34
Last Modified: 09 Nov 2022 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum