EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KETERPAKAIAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL YOGYAKARTA BERDASARKAN GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP) DAN KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL RI NOMOR 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN

Alanti, NIM.: 10242021 (2012) EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KETERPAKAIAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL YOGYAKARTA BERDASARKAN GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP) DAN KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL RI NOMOR 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KETERPAKAIAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL YOGYAKARTA BERDASARKAN GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP) DAN KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL RI NOMOR 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KETERSEDIAAN DAN KETERPAKAIAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL YOGYAKARTA BERDASARKAN GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP) DAN KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL RI NOMOR 234/U/2000 TENTANG PEDOMAN PENDIRIAN)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) berfungsi sebagai acuan, pedoman, dan pegangan bagi setiap dosen. Dalam GBPP terdapat sumber kepustakaan yang merupakan pegangan setiap dosen dalam memberikan perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ketersediaan dan keterpakaian koleksi yang terdapat dalam GBPP STPN kurikulum 2007 serta kesesuaian jumlah judul dan eksemplar koleksi tersebut dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 234/U/2000 tentang pedoman pendirian perguruan tinggi, khususnya dalam pasal 12 ayat 2 hurufd. Metode evaluasi yang digunakan adalah terpusat pada koleksi (pencocokan terhadap daftar tertentu), dan metode terpusat pada penggunaan (melakukan kajian sirkulasi). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "sebagian besar" koleksi tersedia di perpustakaan STPN dengan predikat ketersedian "sangat cukup". Tetapi ketersedian koleksi tersebut belum memenuhi ketentuan dalam buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi, dimana perpustakaan wajib menyediakan 80% dari bacaan wajib mata kuliah yang ditawarkan. Keterpakaian koleksi untuk tahun 2008 masuk dalam kriteria "hampir setengahnya" terpakai dengan predikat keterpakaian "kurang" . Tahun 2009, keterpakaian koleksi "hampir setengahnya" terpakai dengan predikat keterpakaian "kurang". Tahun 2010, kriteria keterpakaian "hampir setengahnya" terpakai dengan predikat keterpakaian "kurang". Tahun 2011, kriteria keterpakaian "sebagian besar" terpakai dengan predikat keterpakaian "sangat cukup". Sedangkan untuk kesesuaian jumlah minimal judul dan eksemplar buku, secara umum koleksi yang ada sudah sesuai dengan ketentuan dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234 tahun 2000 tentang pedoman pendirian perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Hak, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Evaluasi, Ketersediaan Koleksi
Subjects: Perpustakaan > Pelestarian Koleksi
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 13:37
Last Modified: 09 Nov 2022 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum