Mutmainah, NIM.: 06680034 (2012) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGI, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MTS MUHAMMADIYAH PURWANE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGI, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MTS MUHAMMADIYAH PURWANE)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGI, AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MTS MUHAMMADIYAH PURWANE)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Science, Environment, Technology, And Society (SETS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Purwanegara, (2) mengetahui banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Purwanegara pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Purwanegara tahun ajaran 2011/2012. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk data aktivitas siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data hasil belajar kognitif siswa. Analisis data untuk aktivitas belajar siswa diperoleh menggunakan analisis kualitatif deskriptif (dengan menghitung persentase), sedangkan analisis data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata post test siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Science, Environment, Technology, And Society (SETS) dapat dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditandai dengan meningkatnya persentase tiap aspek aktivitas belajar siswa pada siklus II meliputi aspek menyatakan pendapat 10,3%, menerima pendapat 3,45%, bekerjasama dengan kelompok 3,45%, mengikuti presentasi yang berlangsung 2,30%, membuat catatan materi 2,30%, dan mengikuti proses pembelajaran dengan antusias 4,6%. Hasil belajar kognitif siswa pun mengalami peningkatan yang ditandai dengan adanya effect size sebesar 0,76. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A dapat tercapai dalam dua siklus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Satino, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Sets, Aktivitas, Kognitif, Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 09:29 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 09:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54936 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |