PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA

Nuha Rifqia, NIM.: 07680030 (2012) PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DAN MUATAN KEISLAMAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKS biologi materi sistem regulasi manusia dan muatan keislaman sebagai media pembelajaran di MA dan mengetahui kelayakan LKS biologi materi sistem regulasi manusia dan muatan keislaman yang dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi di MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas LKS biologi dan soal pretest-postest untuk uji coba terbatas. Penilaian kualitas LKS biologi dilakukan oleh reviewer dan respon siswa MA kelas XI terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Uji coba terbatas untuk melihat pengaruh LKS terhadap hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t-test. Hasil penelitian pengembangan adalah LKS biologi materi sistem regulasi manusia dan muatan keislaman dengan kelayakan sesuai hasil penilaian reviewer, yaitu Sangat Baik (SB) dengan persentase penilaian 88,27% dan persentase penilaian berdasarkan tanggapan siswa 80,20%, untuk kegiatan pembelajaran biologi di MA Kelas XI. Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa LKS biologi materi sistem regulasi manusia dan muatan keislaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS Biologi, Materi Sistem Regulasi Manusia Dan Muatan Keislaman, Pembelajaran Biologi Di MA, Dan Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:46
Last Modified: 10 Nov 2022 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum