OPTIMASI WAKTU REAKSI ESTERIFIKASI DAN TRANSESTERIFIKASI PADA SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.)

Nun Nani Rachmah Riany Putri, NIM.: 07630011 (2012) OPTIMASI WAKTU REAKSI ESTERIFIKASI DAN TRANSESTERIFIKASI PADA SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI WAKTU REAKSI ESTERIFIKASI DAN TRANSESTERIFIKASI PADA SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.))
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI WAKTU REAKSI ESTERIFIKASI DAN TRANSESTERIFIKASI PADA SINTESIS METIL ESTER DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.))
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ketapang (Terminalia catappa L.) merupakan salah satu tumbuhan yang bijinya dapat berpotensi sebagai penghasil minyak nabati untuk bahan baku sintesis metil ester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu reaksi pada proses sintesis metil ester dari bahan baku minyak biji ketapang melalui reaksi esterifikasi dan transesterifikasi. Minyak biji ketapang diperoleh dari ekstraksi menggunakan seperangkat alat Soxhlet. Sintesis metil ester dari minyak biji ketapang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu reaksi esterifikasi yang bertujuan untuk menurunkan kandungan asam lemak bebas pada minyak biji ketapang. Minyak diesterifikasi dengan metanol pada perbandingan mol 1 : 7 dengan katalis H2SO4 pada temperatur 60°C selama 120 menit. Tahap kedua yaitu reaksi transesterifikasi yang dilakukan dengan mereaksikan 0,02 mol fasa organik hasil esterifikasi dan 0,10 mol metanol dengan katalis NaOH pada temperatur 60°C. Metil ester hasil sintesis yang sudah dimurnikan dengan akuades dikarakterisasi dengan spektrofotometer IR dan GC-MS. Waktu reaksi esterifikasi optimum tercapai pada waktu reaksi 60 menit dengan kadar asam lemak bebas (% FFA) sebesar 0,91 %. Waktu optimum tahap transesterifikasi tercapai pada waktu reaksi 120 menit yang dapat menghasilkan rendemen metil ester sebesar 18,23 %. Hasil kromatogram GC-MS menunjukkan terbentuknya metil ester yang diharapkan. Metil ester tersebut adalah metil palmitat (5,93%), metil linoleat (4,81%), dan metil oleat (2,13%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Maya Rahmayanti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Asam Lemak Bebas, Esterifikasi, Metil Ester, Soxhletasi, Terminalia Catappa L., Transesterifikasi
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:50
Last Modified: 10 Nov 2022 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum