STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

ANIS SILFANA - NIM. 06420036 , (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
BAB II,III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penyusunan skripsi ini ialah untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa serta pengembangan strategi pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab yang ada pada kelas VII MTs Negeri Wonokromo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada siswa kelas VII MTs Negeri Wonokromo tentang strategi pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Dalam pembahasan dan pengkajian data-data, menggunakan metode deduktif-induktif yaitu dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya sehingga menjadi satuan yang dapat diolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas VII MTsN Wonokromo dilakukan dengan menerapkan strategi yang bervariasi dan tidak monoton di setiap tahap pembelajaran, baik pada tahap awal, inti, maupun akhir atau penutup serta evaluasi dan tindak lanjutnya. Serta pembelajaran yang menyenangkan dimana siswa diajak untuk belajar dengan permainan, sehingga siswa aktif selama dalam pembelajaran berlangsung. Diantara strategi yang dapat meningkatkan minat ialah: Quiz Team, Card Sort, Information Search, True or False, Reading Aloud, Topical Review. Sedangkan strategi yang kurang dapat meningkatkan minat belajar siswa ialah : Card Match dan Guided Teaching, akan tetapi jika strategi ini digunakan secara maksimal dan bervariasi siswa akan tertarik dengan materi yang guru ajarkan. Sedangkan variasi-variasi dalam pembelajaran sebagai berkut: variasi gaya mengajar, variasi dalam menggunakan media dan variasi interaksi antara guru dengan siswa. Dalam pengembangan dan penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru tidak lepas dari beberapa faktor pendukung, yaitu: pertama, Siswa sebagai subyek serta obyek dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran akan berjalan lancar atas partisipasi siswa, sikap responsif dan aktif dalam pembelajaran. Kedua Guru, Pembelajaran akan berjalan efektif apabila guru mampu menerapkan strategi pembelajaran dengan baik dan benar. Dan ketiga Fasilitas, sebagai alat perantara untuk menyampaikan materi pembelajaran. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Minat Baca , Strategi Pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 24 Jul 2013 16:55
Last Modified: 05 Apr 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum