EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012

Rokhmi Astiti, NIM.: 08600064 (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012)
BMJ5OX~L.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TEKNIK PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012)
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan direct instruction (2) untuk mengetahui keefektifan penggunakan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Sanden tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 213 siswa. Sampel diambil secara acak dan terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan PBL dengan teknik penilaian unjuk kerja dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keefektifan pendekatan PBL. Teknik penilaian yang digunakan yaitu teknik penilaian unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan direct instruction. Penggunakan pendekatan direct instruction ternyata lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan PBL dilengkapi dengan teknik penilaian unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd. dan Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Penilaian Unjuk Kerja, Direct Instruction, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 14:01
Last Modified: 10 Nov 2022 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum