STUDI KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Sakinah, NIM.: 08680037 (2012) STUDI KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan dengan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan, salah satunya melalui pembelajaran biologi di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana korelasi antara hasil belajar biologi dengan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas SMA Negeri 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian diskriptif yang bersifat eksploratif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah studi korelasi, yang bertujuan untuk mencari besarnya hubungan antara hasil belajar dan sikap peduli lingkungan. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling, yaitu siswa kelas XI IPA dengan jumlah 122 siswa. Data hasil belajar biologi diperoleh dengan dokumentasi dari data nilai raport siswa, dan sikap peduli lingkungan diukur dengan menggunakan skala sikap Likert. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi Product-Moment, dengan uji prasyarat analisis data uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar biologi dengan sikap peduli lingkungan pada siswa SMA Negeri 2 Magelang. Koefision korelasi yang terbentuk sebesar 0,453 dengan nilai probabilitas p = 0,000 < 0,05, tergolong korelasi sedang. Indeks determinasi sebesar 20,5 %, yang artinya bahwa hasil belajar dapat menjelaskan sikap siswa peduli tehadap lingkungan sebesar 20,5 % dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain, yaitu faktor kepribadian, variable demografis, sistem nilai yang dianut, dan juga sistem pendidikan baik formal maupun informal yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: Lingkungan
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 15:04
Last Modified: 10 Nov 2022 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum