EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN

Yuanita Puspitasari, NIM.: 08600032 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN)
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode Resitasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 3 Banguntapan. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing mendapat perlakuan yang berbeda dalam proses belajar mengajar, tetapi materi yang diberikan sama yaitu segiempat (persegi panjang dan persegi). Pada kelas eksperimen menggunakan metode Jigsaw dengan Resitasi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dipilih oleh peneliti adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen (The non-equivalent control group design). Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Resitasi dan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah pretest digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan posttest untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Resitasi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 3 Banguntapan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,045 < 0,05 dan nilai sig (1-tailed) = 0,0225 < 0,05 maka H� ditolak. Dengan kata lain, pembelajaran tipe Jigsaw dengan Resitasi lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hal ini juga tampak adanya peningkatan antara rata-rata pre-test dengan post-test, yaitu rata-rata nilai Gain dari kelas eksperimen 38,62 adalah dari kelas kontrol adalah 32,01.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, M.Pd. dan Syariful Fahmi, S.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode Jigsaw dengan Resitasi, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:27
Last Modified: 11 Nov 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum