ANALISIS SEDEKAH SEBAGAI KONTEN DIMEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN PENDEKATAN HADIS ANJURAN SEDEKAH

Fadli Azis Darmansyah, NIM.: 18105050036 (2022) ANALISIS SEDEKAH SEBAGAI KONTEN DIMEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN PENDEKATAN HADIS ANJURAN SEDEKAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SEDEKAH SEBAGAI KONTEN DIMEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN PENDEKATAN HADIS ANJURAN SEDEKAH)
18105050036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SEDEKAH SEBAGAI KONTEN DIMEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN PENDEKATAN HADIS ANJURAN SEDEKAH)
18105050036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bersedekah merupakan hal lumrah dilakukan dan sangat dianjurkan, seiring berkembangnya zaman. Muncul trend yang hangat akhir akhir ini yakni sedekah menjadi konten dimedia sosial khususnya Youtube. Trend yang dimaksud ialah menjadikan sedekah sebagai konten yang bersifat menyeluruh. Maksudnya tidak ada pembatasan pada tiap kalangan baik anak-anak, remaja hingga dewasa untuk menyaksikan konten tersebut. Dalam upaya memotivasi manusia untuk senantiasa bersedekah dan berlomba – lomba dalam kebaikan. Media sosial yang menjadi wadah lain untuk bersedekah, tanpa dibatasi ruang dan waktu bersedekah kini dapat dilakukan dengan transparan dan instan. Dengan mempertimbangkan hadis tentang sedekah, terdapat sedikit problem disana yakni perbedaan pendapat. Skripsi ini bersifat kualitatif deskriptif – analitik, yaitu menganalisa sedekah sebagai konten di media sosial melalui hadis anjuran bersedekah dalam perspektif ma’anil hadis. Untuk menjawab dua persoalan dalam penelitian ini, Pertama, Apa itu sedekah sebagai konten dimedia sosial ? Kedua, Bagaimana sedekah sebagai konten dimedia sosial menurut sudut pandang hadis dan Implementasinya ? Hasil penelitian ini menelaah hadis tentang anjuran sedekah dan pokok permasalahan yang terjadi terhadap konten sedekah di media sosial. Sehingga pada dasarnya sedekah sebagai konten dimedia sosial pantas untuk terus dibesarkan dan digaungkan. Sedangkan terkait kasus konten sedekah dinilai riya’ oleh sebagian golongan, tidak butuh untuk diperdebatkan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bersedekah merupakan hal yang ditampakkan agar dapat memotivasi orang lain. Maka dari itu konten bersedekah dimedia sosial merupakan hal yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H.Agung Danarta M.Ag
Uncontrolled Keywords: sedekah online; media sosial; Youtube; hadits
Subjects: Hadis
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Nov 2022 10:28
Last Modified: 15 Nov 2022 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum