SIMA'IYYAH AL MASDAR AL THULATHI AL MUJARRAD WA MUSHKILATUHA FI AL WAZAN WA AL MA'ANI WA AL JAMA' (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH)

Muchammad Machfudz, NIM.: 00110237 (2005) SIMA'IYYAH AL MASDAR AL THULATHI AL MUJARRAD WA MUSHKILATUHA FI AL WAZAN WA AL MA'ANI WA AL JAMA' (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIMA'IYYAH AL MASDAR AL THULATHI AL MUJARRAD WA MUSHKILATUHA FI AL WAZAN WA AL MA'ANI WA AL JAMA' (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH))
00110237_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SIMA'IYYAH AL MASDAR AL THULATHI AL MUJARRAD WA MUSHKILATUHA FI AL WAZAN WA AL MA'ANI WA AL JAMA' (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH))
00110237_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis ingin membahas bentuk mashdar tsulatsi mu1arrod dan masalah ke-sima'i-annya. Istilah mashdar bukanlah hal yang asing lagi. Banyak orang hafal bentuk-bentuk mashdar yang telah dirangkum oleh para ahli bahasa dalam sebuah kaedah. Namun dalam kenyataannya ada mashdar yang tidak begitu saja mengikuti kaedah yang telah ada tersebut. Hal ini dikarenakan adanya dua macam jenis mashdar. Pertama mashdar qiyasiy, yaitu mashdar yang mengikuti kaedah yang telah dibakukan penggunaannya. Yang kedua mashdar sima 'iy yaitu mashdar yang penggunaannya berdasarkan apa yang didengar dari orang arab. Jenis yang kedua ini hanya berlaku di fl'/ tsu/atsi mujarrod. Meskipun mashdar tsulatsi mujarrod mempunyai bentuk yang sederhana (jarang yang melebihi lima huruf), namun memiliki kurang lebih empat keunikan. Tiga keunikan pertama berhubungan dengan makna dan wazan dan yang keempat berhubungan dengan bentukjama' dari sebagian mashdar tsulatsi mujarrod. Contoh yang berkaitan dengan makna dan wazan berupa adanya mashdar yang sama dalam tulisan namun beda dalam bacaan dan makna seperti kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. BM Pribadi, MA, MSi
Uncontrolled Keywords: Mashdar Tsulatsi Mujarrod, Fl' Tsuatsi Mujarrod, Shohih dan 'illat)
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2022 09:12
Last Modified: 17 Nov 2022 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum