ANALISIS ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD PENERBIT KEMENDIKBUD TAHUN 2017 (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK)

Umi Alfiati, NIM.: 15410130 (2022) ANALISIS ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD PENERBIT KEMENDIKBUD TAHUN 2017 (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD PENERBIT KEMENDIKBUD TAHUN 2017 (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
15410130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SD PENERBIT KEMENDIKBUD TAHUN 2017 (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK))
15410130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fakta yang terjadi dalam dunia pendidikan, masih banyak dijumpai kasus dimana uraian materi dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang belum sesuai dengan tingkat psikologi perkembangan peserta didik. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan selalu memperbaiki penyajian dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam yang disesuaikan dengan tingkat psikologi perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis isi buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berdasarkan perspektif psikologi perkembangan peserta didik pada aspek biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Adapun penelitian yang akan dilakukan bersifat deskriptif-kualitatif dan analisis isi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi perkembangan, yaitu pendekatan yang mencakup aspek-aspek perkembangan yang terjadi pada diri peserta didik. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis isi (content analysis), dalam pengolahan data ini peneliti memberikan interpretasi terhadap data-data yang telah dikumpulkan. Objek penelitian ini adalah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V SD. Hasil penelitian ini adalah 1) Materi yang disajikan dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD cukup sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik pada aspek biologis, namun terdapat catatan yaitu dalam uraian materi yang disajikan tidak memuat materi bersuci termasuk di dalamnya materi haid, istihadoh, dan ihtilam yang berkaitan dengan perkembangan kematangan seksual dan kesehatan reproduksi peserta didik dalam memasuki masa pubertas. Materi tersebut menjadi penting untuk dimuat karena merupakan hal yang penting dalam kajian hukum syariat Islam yang berkaitan dengan praktik ibadah sehari-hari. 2) Materi yang disajikan dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas V SD cukup sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik pada aspek kognitif. Namun, terdapat catatan, yaitu dalam buku siswa tidak dicantumkan link yang terhubung pada media online (berupa video online) yang dapat diakses peserta didik. 3) Materi yang disajikan dalam buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas V SD cukup sesuai sesuai dengan psikologi perkembangan peserta didik pada aspek sosial-emosional. Namun terdapat catatan, yaitu dalam uraian materi belum memuat materi yang berkaitan dengan cara bergaul peserta didik dengan teman berdasarkan jenis kelaminnya, sebab pada tahap ini peserta didik mulai memiliki ketertarikan dengan lawan jenis, sehingga peserta didik perlu mendapatkan informasi dan komunikasi yang membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan lawan jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latifah, S.Ag, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Buku PAI dan Budi Pekerti kelas V SD, Psikologi Perkembangan Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2022 10:36
Last Modified: 17 Nov 2022 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum