PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”

Rana Ulfa, NIM.: 15430067 (2022) PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”)
15430067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN HARDSKILL DAN SOFTSKILL GURU TK GUGUS 03 KAPANEWON JETIS DALAM PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19”)
15430067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan baik berupa hardskill maupun softskill akan memberikan manfaat yang besar bagi guru maupun anak didik. Terlebih dengan jaman yang semakin berkembang beserta dengan kondisinya yang terus berubah dan terkadang tidak dapat diprediksi (misalnya pandemi), guru harus terus mengembangkan keterampilan diri agar dapat beradaptasi. Seperti yang terjadi pada tahun 2021-2022 ini, dampak wabah pandemi covid-19 dirasa sangat besar mempengaruhi dunia pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan hardskill dan softskill guru TK gugus 03 Kapanewon Jetis dalam pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic covid-19. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis dilakukan melalui keikutsertaan guru dalam berbagai kegiatan seminar dan pelatihan. (2) Faktor pendukung pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis meliputi informasi kegiatan, minat, dan kebutuhan akan pengetahuan. Faktor penghambat pengembangan pengembangan hard skill dan soft skill guru TK di Gugus Kapanewon Jetis adalah adanya keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Hardskill dan Softskill, Guru, Pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR)
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Nov 2022 10:48
Last Modified: 17 Nov 2022 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum