PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III

NUR AROFAH - NIM. 06140066, (2011) PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap proses belajar mandiri siswa MAN Yogyakarta III. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian yaitu variabel ketersediaan koleksi perpustakaan (variabel independen) dan belajar mandiri (variabel dependen). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dengan analisis kuantitatif regresi linear sederhana. Data diolah dengan program SPSS version 17 for windows. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh antara ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap belajar mandiri siswa. Hal ini bisa dilihat dari korelasi antara variabel X (ketersediaan koleksi perpustakaan) dan variuabel Y (belajar mandiri) yang bertanda positif dengan nilai R square (R2) atau Koefisien determinasinya adalah 0,331. Sedangkan pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap proses belajar mandiri siswa MAN Yogyakarta III adalah positif dan signifikan. Hal ini berdasarkan pada nilai Thitung yang besarnya 4.451 yang lebih besar dari t tabel 1,694 dan dapat dibentuk persamaan regresi sebagai berikut Y = 13,647+0,676X. Hal ini berarti bahwa variabel ketersediaan koleksi perpustakaan dapat menjelaskan variabel belajar mandiri sebesar 33,1%. Semakin banyak koleksi perpustakaan yang disediakan, diperpustakaan MAN Yogyakarta maka minat siswa untuk melaksanakan belajar mandiri akan semakin meningkat. Dari kegiatan peneliti yang sudah dilakukan peneliti, maka peneliti memberikan saran agar diadakan telaah lebih lanjut dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi siswa dalam belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj.Sri Rumani, SH.,Sip., M.Si
Uncontrolled Keywords: ketersediaan koleksi, belajar mandiri.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Mar 2013 16:44
Last Modified: 13 Oct 2015 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum