PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA BERDASARKAN KURIKULUM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA).

Siti Ulin Ni’mah Mz., NIM.: 08420010 (2012) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA BERDASARKAN KURIKULUM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA BERDASARKAN KURIKULUM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA).)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI IPA BERDASARKAN KURIKULUM PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA).)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berdasarkan kurikulum pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), problematika yang dihadapi guru, program pengayaan dan hasil belajar siswa. Apakah proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut sudah berdasarkan kurikulum pada RSBI atau belum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Observasi, Interview, dan Dokumentasi di gunakan untuk mengambil data dari penelitian dilapangan dengan melibatkan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, wakasek urusan kurikulum, guru bidang studi bahasa Arab kelas XI IPA, dan siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif-analisis. Dalam penelitian ini penulis akan mengungkapkan tentang pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kurikulum pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), kemudian menganalisisnya dengan perspektif kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (A) Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta belum menerapkan kurikulum pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tetapi sudah berencana untuk menerapkannya, yaitu mengadopsi kurikulum yang diterapkan oleh bangsa Arab, seperti Kairo; 1. Proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung secara efisien, siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, 2. Metode yang digunakan guru variatif dan interaktif, 3. Materi yang diajarkan sudah sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. (B) Problematika dalam proses pembelajaran; 1. Banyaknya standar kompetensi yang harus dicapai dan juga materi yang harus diajarkan, sedangkan jam pelajaran terbatas, hanya 45 menit, 2. Pembelajaran bahasa Arab belum mencapai tujuan sesuai dengan target kurikulum yang ditetapkan karena terbatasnya waktu pembelajaran, 3. Kurangnya motivasi siswa untuk mempelajari bahasa Arab karena menganggap bahasa Arab tidak penting, 4. Minimnya perbendaharaan kosakata bahasa Arab peserta didik karena sebagian dari mereka merupakan lulusan SMP Negeri, dan solusi guru menghadapi problematika tersebut adalah membatasi kompetensi yang diajarkan kepada peserta didik dan lebih menekankan pada pemahaman peserta didik, tidak mengejar materi yang seharusnya diajarkan, memotivasi peserta didik dengan menjelaskan bahwa bahasa Arab itu penting, memberikan kosakata pada setiap proses pembelajaran. (C) Hasil belajar siswa kelas XI IPA sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan cukup memuaskan. (D) Program Pengayaan berjalan secara efisisen, namun kurang efektif karena ada sebagian siswa yang tidak berminat mengikuti program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi W, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Pembelajaran, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Nov 2022 15:53
Last Modified: 28 Nov 2022 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum