MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sukiran, NIM.: 09481062 (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MIN PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran IPS pada kelas V MIN Patuk Kabupaten Gunungkidul ini masih banyak siswa yang belum menguasai materi pelajaran IPS. Kadang-kadang pelajaran IPS oleh sebagian siswa merupakan suatu pelajaran yang kurang diminati, karena pelajarannya cukup sulit untuk dipelajari. Penguasaan materi pelajaran IPS di MIN Patuk khususnya kelas V, mengenai materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah rata-rata yang ditetapkan oleh guru kelas II sebesar 6,0. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Alat peraga gambar dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat atau keaktifan siswa kelas V. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MIN Patuk Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga pada mata pelajaran IPS pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I, pemanfaatan alat peraga (gambar tokoh) IPS dilakukan dengan cara guru membacakan soal secara lisan dan memberikan instruksi secara lisan kepada siswa-siswa agar segera menjawab. Pada siklus II pemanfaatan alat peraga IPS ditambah dengan kode tepukan tangan untuk menandai segera menjawab soal yang dibacakan oleh guru, sehingga siswa lebuh fokus dalam mengerjakan soal dari guru. 2) Alat peraga (gambar tokoh) sangat efektif dan mempunyai andil dalam peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS khususnya materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan di kelas V MIN Patuk Kabupaten Gunungkidul, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata pelajaran IPS siswa atau prestasi belajar IPS siswa yaitu sebelum ada tindakan adalah 5,8 naik menjadi 6,4. Setelah pemanfaatan alat peraga pada pelajaran IPS seluruh siswa kelas V MIN Patuk Kabupaten Gunugkidul mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 6,0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabarudin
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Alat Peraga, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:25
Last Modified: 29 Nov 2022 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum