PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS I MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Suminem, NIM.: 09481064 (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS I MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS I MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS I MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran PKn pada peserta didik kelas I di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul pada tahun pelajaran 2011/2012 ini, dinilai kurang menarik minat belajar peserta didik. Menurut pengamatan penulis, ada banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya hal tersebut. Salah satu penyebabnya yaitu minimnya guru menggunakan alat peraga dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sedangkan alat peraga bagi peserta didik kelas I sangatlah penting, karena hal tersebut dapat merangsang stimulus peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna untuk mendiskripsikan penggunaan alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar PKn pada kelas I di MI YAPPI Baleharjo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul. Untuk memperoleh data dalam penelitian tersebut penulis mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Sedangkan untuk membantu mengungkap data tersebut penulis menggunakan data statistik sederhana. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : bahwa penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil prestasi belajar PKn pada kelas I di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2011/2012, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dapat dilihat melalui anak lebih senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme dalam mengerjakan tugas, dan rasa ingin tahu. Secara kualitatif juga terbukti, dengan adanya penggunaan alat peraga gambar nilai PKn pada kelas I tahun pelajaran 2011/2012 meningkat lebih baik dari sebelumnya waaupun tidak semuanya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 71. Sebelum diadakannya tindakan rata-rata nilai PKn siswa adalah 69, setelah diadakan tindakan mengalami kenaikan yaitu pada siklus pertama rata-rata nilai anak didik adalah 72 dan siklus ke dua rata-rata nilai anak didik adalah 73. Dari kedua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan prestasi siswa dari sebelumnya nilainya belum mencapai KKM setelah diadakan tindakan nilainya dapat melebihi KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabaruddin,M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Alat Peraga Pembelajaran, Pembelajaran PKn
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:28
Last Modified: 29 Nov 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum