TELAAH BUKU AJAR FASIH BERBAHASA ARAB I UNTUK KELAS VII MTS KARYA DARSONO DAN T. IBRAHIM (ANALISA KESESUAIAN ISI MATERI DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI AGAMA NO 02 TAHUN 2008)

Maulana Sarwendah, NIM.: 07420019 (2012) TELAAH BUKU AJAR FASIH BERBAHASA ARAB I UNTUK KELAS VII MTS KARYA DARSONO DAN T. IBRAHIM (ANALISA KESESUAIAN ISI MATERI DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI AGAMA NO 02 TAHUN 2008). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH BUKU AJAR FASIH BERBAHASA ARAB I UNTUK KELAS VII MTS KARYA DARSONO DAN T. IBRAHIM (ANALISA KESESUAIAN ISI MATERI DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI AGAMA NO 02 TAHUN 2008))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TELAAH BUKU AJAR FASIH BERBAHASA ARAB I UNTUK KELAS VII MTS KARYA DARSONO DAN T. IBRAHIM (ANALISA KESESUAIAN ISI MATERI DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI AGAMA NO 02 TAHUN 2008))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi materi buku “Fasih Berbahasa Arab I” untuk siswa-siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah karya Darsono dan T.Ibrahim dengan Standar Isi berdasarkan Peraturan Menteri Agama No 02 Tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian perpustakaan (library research) yang datanya diambil dari materi buku yang diteliti, bermacam-macam dokumen, catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian ini, serta wawancara dengan penulis. Dari sekian jenis data yang bisa digunakan untuk menganalisa dan memecahkan masalah dalam penelitian perpustakaan ini, sumber data tersebut dapat dibagi menjadi dua. Yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Fasih Berbahasa Arab I untuk kelas VII MTs karya Darsono dan T.Ibrahim. sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini, diantaranya: Standar Isi berdasarkan Peraturan Menteri Agama No 02 tahun 2008; Pembelajaran Bahasa Arab karya M.Abdul Hamid, dkk; KTSP karya Masnur Muslich; www.kemenag.go.id; dll. Adapun pengumpulan datanya dilakukan peneliti dengan dokumentasi serta wawancara. Dan tipe penelitian ini adalah analisis isi (content analisis), yaitu memberikan makna terhadap data-data yang telah dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan oleh penulis berdasarkan teori-teori yang ada. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan itu menunjukkan bahwa isi materi dalam buku “Fasih Berbahasa Arab I” untuk siswa-siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah karya Darsono dan T.Ibrahim yang sesuai dengan Standar Isi berdasarkan Permenag No 02 Tahun 2008 hanya 60%. Sedangkan 40% dari isi materi dalam buku tersebut tidak sesuai dengan Standar Isi yang mencakup Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Radjasa Mu’tashim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Telaah Buku, Kualitas Buku, Materi Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Dec 2022 10:01
Last Modified: 09 Dec 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum