PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI MA`ARIF MRANGGEN SRUMBUNG, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Zaedah, NIM.: 09481153 (2011) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI MA`ARIF MRANGGEN SRUMBUNG, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI MA`ARIF MRANGGEN SRUMBUNG, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI MA`ARIF MRANGGEN SRUMBUNG, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah perlunya pembaharuan dalam peningkatan kreativitas guru dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab di MI. Di mana bahasa Arab ini termasuk pelajaran yang tidak disukai oleh siswa di MI Ma`arif Mranggen, sebagai respon melemahnya minat belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar pada pelajaran bahasa Arab. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode bernyanyi, dengan tujuan agar siswa lebih suka dengan proses pembelajaran bahasa Arab. Maka perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di MI Ma`arif Mranggen. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Ma`arif Mranggen Srumbung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, evaluasi dan analisisnya melalui deskripsi dalam bentuk kata – kata . Pengembangan program didasarkan dari data – data informasi dari siswa, guru, melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas dengan urutan kegiatan penelitian mencakup : (1)perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab dalam tiga siklus secara keseluruhan terjadi perubahan minat belajar yaitu siklus I 92,5%, siklus II 89,4% dan siklus III 92,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs, Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Bernyanyi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2023 13:56
Last Modified: 13 Jan 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum