MEDIASI AGAMA DALAM PENYAJIAN PESAN AJARAN ISLAM PADA TAYANGAN KARTUN ANIMASI RIKO THE SERIES SEASON DUA DI YOUTUBE

Nurun Hijjatil Mabruroh, NIM.: 17102010012 (2022) MEDIASI AGAMA DALAM PENYAJIAN PESAN AJARAN ISLAM PADA TAYANGAN KARTUN ANIMASI RIKO THE SERIES SEASON DUA DI YOUTUBE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIASI AGAMA DALAM PENYAJIAN PESAN AJARAN ISLAM PADA TAYANGAN KARTUN ANIMASI RIKO THE SERIES SEASON DUA DI YOUTUBE)
17102010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIASI AGAMA DALAM PENYAJIAN PESAN AJARAN ISLAM PADA TAYANGAN KARTUN ANIMASI RIKO THE SERIES SEASON DUA DI YOUTUBE)
17102010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mediasi agama adalah mediasi yang menjadi penengah dalam masalah bersengketa anatara satu pihak dengan pihak yang lain. Pada Kartun Riko The Series hadir sebagai keresahan para orang tua akan minimnya tayangan edukasi Islam yang menarik bagi anak-anak. Kartun Riko The Series yang dapat di akses melalui Youtube menjadi salah satu ciri modernisai. Tayangan tersebut juga dibungkus dengan model kartun animasi yang menayangkan tentang ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari, Kartun Riko juga mencoba menjadi tayangan yang diharapkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mediasi agama yang dilakukan Kartun Animasi Riko The Series serta mengetahui bagaimana penyajian ajaran islam pada kartun tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes dan menggunakan dua pendekatan penyajian pesan yaitu emotional apeals dan humor appeals. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat mediasi agama dengan melihat prinsip-prinsip yang ada pada mediasi agama. Mediasi agama dalam penelitian ini juga menjadi penengah dalam persoalan keresahan atau masalah bersengketa pada masyarakat sekarang. Penyajian pesan dengan dua pendekatan yang digunakan yaitu emotional appeals dan humor appeals. Emotional appeals pada kartun Riko ini menampilkan pesan kasih sayang dan kesedihan. Humor appeals didalam ceritanya terselipkan adegan dan dialog yang berkesan lucu oleh tokohnya yaitu robot kesayangan Riko, Q110.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Animasi Riko The Series, Mediasi Agama, Penyajian Pesan
Subjects: Komunikasi Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2023 14:02
Last Modified: 24 Jan 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum