PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2015-2020

Muhammad Husein Abdillah, NIM.: 18108040012 (2022) PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2015-2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2015-2020)
18108040012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2015-2020)
18108040012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Green accounting merupakan akuntansi yang di dalamnya mengidentifikasi dan mengungkapkan biaya-biaya terkait dengan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penerapan green accounting terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh variabel firm size. Objek yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI-Kehati periode 2015 – 2020. Berdasarkan populasi ini dipilih sampel penelitian sebanyak 5 perusahaan. Jumlah observasi yang digunakan sebanyak 30 pengamatan. Jenis data yang digunakan adalah data panel dengan pengolahan data menggunakan software STATA.14. dilakukan analisis regresi data panel dengan uji regresi linier berganda dan uji moderasi interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Environmental Performance berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, sejalan dengan teori legitimasi semakin tinggi kinerja lingkungan akan meningkatkan keuntungan perusahaan dan pengakuan masyarakat semakin meningkat. Kemudian CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, hal ini tidak sejalan dengan teori stakeholder karena adanya pembengkakan biaya sosial yang dikeluarkan oleh perusahaan sehingga keuntungan perusahaan menurun. Selanjutnya Firm Size dapat memperlemah pengaruh Environmental Performance terhadap ROA dan dapat memperkuat pengaruh CSR terhadap ROA. Ukuran perusahaan yang besar belum menentukan kinerja lingkungan yang baik. Namun ukuran perusahaan dapat memacu pengungkapan sosial atau CSR yang baik untuk mewujudkan profitabilitas kinerja keuangan perusahaan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibi Satibi, S.H.I., M. Si.
Uncontrolled Keywords: legitimasi; green accounting; finansial performance; firm size
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Feb 2023 10:19
Last Modified: 02 Feb 2023 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum