DAKWAH PERSUASIF PADA KOMUNITAS MUSLIM K-POP DI MEDIA SOSIAL: STUDI PADA INSTAGRAM @XKWAVERS

Makrifatul Illah, NIM.: 20202012027 (2022) DAKWAH PERSUASIF PADA KOMUNITAS MUSLIM K-POP DI MEDIA SOSIAL: STUDI PADA INSTAGRAM @XKWAVERS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH PERSUASIF PADA KOMUNITAS MUSLIM K-POP DI MEDIA SOSIAL: STUDI PADA INSTAGRAM @XKWAVERS)
20202012027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH PERSUASIF PADA KOMUNITAS MUSLIM K-POP DI MEDIA SOSIAL: STUDI PADA INSTAGRAM @XKWAVERS)
20202012027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Negara Korea rupanya telah sukses dalam menarik perhatian masyarakat dunia dengan melakukan diplomasi di berbagai negara melalui pendekatan soft power. salah satunya di Indonesia. Hal ini terbukti dari hadirnya fenomena “Korean Wave” atau disebut juga Hallyu Hadirnya Korean Wave tentu telah memberikan dampak yang begitu luar biasa, seperti telah mengubah pola perilaku masyarakat Indonesia terkhusus remaja muslim. Oleh karena itu, perlu adanya dakwah untuk menyeimbangi arus globalisasi tersebut, salah satunya dengan melakukan dakwah persuasif seperti dakwah yang dilakukan oleh komunitas XK-Wavers di media Instagram. Dimana dalam menyampaikan dakwah persuasif, komunitas XK-Wavers mencoba menyampaikan pesan menarik agar pesan tersebut bisa disukai oleh para followers-nya sehingga tanpa disadari, para followers tersebut seolah mau mengikuti dengan keingannya sendiri. Adapun penelitian tesis ini, terdapat 2 rumusan masalah, yaitu: 1. bagaimana pesan dakwah pada komunitas XK-Wavers di Instagram, 2. bagaimana tekhnik-tekhnik persuasif pada komunitas XK-Wavers di Instagram. Dalam mendalami penelitian tesis ini, peneliti menggunakan metode berupa metode kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian menggunakan analisis semiotika Rolland Barthes yang terdiri dari signifikasi dua tahap (two order of communication dan mitos. Selain menggunakan analisis semiotika, peneliti juga melakukan riset untuk mengkaji elemen-elemen apa saja yang ada pada pesan dan bagaimana keefektifannya setiap pesan berupa struktur pesan dan daya tarik pesan hingga peneliti juga menggunakan pendekatan komunikasi persuasif. dimana setiap data dianalisis dengan tekhnik-tekhnik komunikasi persuasif yang terdapat pada pesan dakwah yang telah dianalisis menggunakan semiotika Rolland Barthes. Sedangkan langkah penelitian ini sebagai berikut: menentukan metode penelitian, menentukan mengumpulkan data, dan menganalisis data untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat pada instagram @xkwavers menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan memiliki penjelasan yang cukup rinci, mengenai struktur pesan dan daya Tarik pesan. Selain itu, dalam pesannya lebih banyak membahas mengenai pesan akhlak dari pada pesan aqidah. Selain itu, untuk tekhnik persuasif yang dilakukan berupa tekhnik Cognitive dissonance, Pay off and fear hearing, Emphaty, Packing, Association

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Dakwah Persuasif, Komunitas XK-Wavers, Instagram, K-Pop
Subjects: DAKWAH ISLAM
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Feb 2023 10:16
Last Modified: 02 Feb 2023 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum