DAKWAH UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus melalui akun twitter Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto, dan Nur Rofiah)

A’yun Masfupah, NIM.: 18202011008 (2022) DAKWAH UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus melalui akun twitter Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto, dan Nur Rofiah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus melalui akun twitter Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto, dan Nur Rofiah))
18202011008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus melalui akun twitter Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto, dan Nur Rofiah))
18202011008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dakwah untuk pemberdayaan perempuan melalui media sosial pada akun twitter Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto dan Nur Rofi’ah. Twitter menawarkan kecepatan penyebaran informasi dan jangkauan yang luas tanpa da’i harus berpindah tempat. Seperti yang dilakukan oleh ketiga pemilik akun twitter Ligwina Hananto, Iim Fahima Jachja dan Nur Rofiah. Mereka sebagai pelaku dakwah (da’i atau sender), twitter sebagai media dakwahnya (channel), pesan yang disampaikan adalah isi dari tweet yang diunggah, dan mad’u atau penerima pesannya adalah pengikut (follower) ketiga akun tersebut. Untuk menganalisis tweet dari akun Iim Fahima Jachja, Ligiwina Hananto, dan Nur Rofi’ah menggunakan 4 indikator pemberdayaan perempuan. Pertama Akses, kedua Partisipasi, ketiga Kontrol, keempat Manfaat. Semua data yang terkumpul kemudian akan diidentifikasi menggunkan indikator tersebut. Hasil penelitian dari ketiga akun twitter milik Iim Fahima Jachja, Ligwina Hananto dan Nur Rofi’ah memiliki tujuan yang sama dalam memanfaatkan media sosialnya yaitu untuk kepentingan pemberdayaan perempuan. Meskipun memiliki persamaan tetapi strategi yang digunakan berbeda sesuai dengan keahlian masingmasing. Iim Jachja mengajak perempuan berdaya secara ekonomi, memiliki akses untuk berdaya dan terlibat dalam pembuatan kebijakan pemerintahan. Ligwinan Hananto sebagai perencaan keuangan mengajak perempuan untuk berdaya dengan mempunyai kemampuan menghasilkan uang sendiri. Nur Rofi’ah fokus kepada keadilan gender perempuan, supaya perempuan terhindar dari segala bentuk ketidakadilan dan kekerasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: dakwah; pemberdayaan perempuan; media sosial; Twitter
Subjects: Penyiaran Islam
Gender
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:23
Last Modified: 07 Feb 2023 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum