Muhammad Abdul Latif Wahid, NIM.: 16410013 (2022) ANALISIS MATERI DAN METODE IQRO’ DALAM PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGETKAJORAN, KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS MATERI DAN METODE IQRO’ DALAM PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)
16410013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS MATERI DAN METODE IQRO’ DALAM PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)
16410013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kesesuaian materi dan metode pengajaran dengan perkembangan kognitif tentu menjadi hal yang penting dalam pembelajaran. Begitu juga dalam pengajaran membaca Al-Qur’an. IQRO’ merupakan salah satu metode belajar membaca Al- Qur’an yang sudah sejak lama muncul. Di tengah banyaknya pengembangan metode baru, IQRO’ masih tetap eksis di lembaga-lembaga non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas dan menguraikan materi dan metode IQRO’ dalam kaca mata teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Melihat lebih dalam metode IQRO’ baik dari aspek materi dan metode yang termuat di dalamnya ditinjau dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Library Research/Penelitian Kepustakaan, yaitu penelitian yang data-datanya berasal dari sumber pustaka atau dokumen. Peneliti dalam menghimpun data memperolehnya dari dua sumber yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang menguraikan materi dan metode IQRO’ dalam perspektif teori perkembangan Jean Piaget. analisis data yang digunakan adalah analisis isi/analisis konten yang bersifat induktif. Keabasahan dokumen dalam penelitian ini Hasil penelitian ini adalah Pertama, materi IQRO’ terdiri dari jilid 1-6. Masing- masing memiliki capaian target yang berbeda-beda. Dalam perspektif teori perkembangan kognitif, anak pada tahap usia sensorimotor belum mampu mempelajari jilid pada IQRO’. sementara anak dengan tahap praoperasi cenderung hanya mampu mempelajari jilid 1-2. Sedangkan anak dengan tahapan operasi konkret dan operasi formal mampu mempelajari materi jilid 1-6. Kedua, metode IQRO’ terdiri dari 4 macam yaitu metode privat atau individual, metode klasikal, asistensi, cara belajar santri aktif (CBSA), dan metode tanpa irama/lagu. kelima metode tersebut tidak memiliki implikasi tehadap materi ataupun metode tertentu. Dalam penerapan metode IQRO’, keempat metode tersebut digunakan untuk anak dalam tahap apapun kecuali tahap sensorimotor.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | IQRO’, Metode Pengajaran, Perkembangan Kognitif Jean Piaget. |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran al Qur'an |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 07 Feb 2023 10:50 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 10:33 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55925 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
