PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV A MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022

Wening Tirtaningrum, NIM.: 16410077 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV A MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV A MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022)
16410077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV A MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022)
16410077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terjadinya perubahan pola pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring atau jarak jauh karena kondisi darurat pandemi Covid-19. Penerapan pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah tentu tidak mudah, terutama pembelajaran rumpun PAI termasuk mata pelajaran Fikih karena perlunya adaptasi terhadap strategi, metode dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, kendala yang dialami guru dan siswa serta upaya guru dalam mengatasi berbagai kendala yang terjadi selama pembelajaran Fikih secara daring pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV A MI Wahid Hasyim Yogyakarta semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran daring di MI Wahid Hasyim selama masa pandemi Covid-19 sudah berjalan dengan baik yaitu telah melalui tahapan-tahapan pokok seperti tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. 2) Kendala yang dialami oleh guru Fikih dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 adalah kesulitan dalam memonitoring siswa dan menentukan strategi pembelajaran. Sedangkan, kendala yang dialami siswa kelas IV A adalah keterbatasan gawai sehingga menyebabkan learning loss, kendala kapabilitas handphone, kendala sinyal dan kuota internet, kesulitan dalam mengakses link dan website, jaringan internet yang tidak stabil, kesulitan memahami materi, kebosanan, tidak fokus dan mengantuk. 3) Upaya guru untuk mengatasi kendala selama pembelajaran daring yaitu melakukan koordinasi dengan orang tua dan guru lainnya, memberikan motivasi belajar kepada siswa, melakukan ice breaking dan memberikan reward berupa nilai tambahan kepada siswa yang aktif selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Feb 2023 15:03
Last Modified: 07 Feb 2023 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum