PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA

Singgih Putri Nurjannati, NIM.: 17104030033 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA)
17104030033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 DI TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA)
17104030033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan hal yang utama dalam pendidikan. Menumbuhkan minat baca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak masih kecil. Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Sebagai upaya menumbuhkan minat baca seorang guru turut membantu dengan memberikan peranan dalam meningkatkan minat anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui studi kasus minat baca anak di Kelompok B2 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Aspek-aspek yang menjadi fokus adalah: (1) Bagaimana peran dan upaya guru dalam meningkatkan minat baca pada anak kelas B2 di TKIT Salsabila Al-Muthi’in? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Baca Pada anak di Kelas B2 TKIT Salsabila Al-Muthi’in? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam merangsang dan meningkatkan minat anak agar selalu terlibat dan mau terus membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dalam beberapa langkah, yaitu; Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah Tkit Salsabila Al Muthi'in Yogyakarta. Uji keakuratan data melalui triangulasi teknis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) minat baca anak di Kelompok B2 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta dapat dikatakan dalam keadaan cukup baik, hal ini berdasarkan pada upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca anak Kelompok B2 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta diantaranya adalah: mengadakan pembiasaan membaca sebelum pembelajaran dimulai, mendengarkan ketika anak menceritakan apa yang telah dibacanya, yang mana hal ini juga termasuk sebagai dorongan untuk anak bercerita tentang apapun, menuntun anak untuk bertukar buku bacaan dengan temannya, membacakan buku cerita atau dongeng, memberikan penghargaan yang membangun semangat anak agar terus membaca. dan lain-lain. (2) Faktor-faktor yang mendorong minat baca anak di Kelompok B2 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta diantaranya adalah faktor keluarga, lingkungan, akademik, jenis kelamin, tingkat pendidikan, keadaan kesehatan, kebiasaan anak, buku bacaan yang manarik, dan antusias dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd,I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru, Minat Baca, Anak Usia Dini
Subjects: Perpustakaan > Minat Baca
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:07
Last Modified: 08 Feb 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum