IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19

Atsna Fuadiyah, NIM.: 17104030040 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19)
17104030040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19)
17104030040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sejak terjadi pandemi Covid-19, berdampak terhadap semua aspek kehidupan. Demikian halnya dalam bidang pendidikan. Terjadi perubahan dalam pembelajaran. Semula pembelajaran dilaksanakan tatap muka, berubah menjadi pembelajaran daring. Namun seiring berkurangnya kasus covid 19, sekolah melaksaakan pembelajaran luring atau luar jaringan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengkaji implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari 1orang kepala sekolah, 3 orang guru, dan 2 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran luring. Kedua, dampak implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa Covid-19 diantaranya guru lebih mudah dalam mengajar, anak lebih aktif dan lebih nyaman karena lingkungan yang mendukung. serta orang tua lebih mendukung dan tidak terbebani dengan tugas. Ketiga, faktor penghambat pembelajaran luring antara lain jumlah guru sedikit sehingga seringkali kesulitan dan tidak fokus terhadap pembelajaran. Hal ini disebabkan adanya tugas administrasi, sedangkan faktor pendukung adalah dukungan orang tua dalam persiapan guru melaksanakan pembelajaran luring yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Luring, Pandemi Covid-19, Pendidikan
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:10
Last Modified: 08 Feb 2023 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum