EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PICKER WHEEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/ 2023

Meliana Farah Fitriani, NIM.: 18104020065 (2022) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PICKER WHEEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/ 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PICKER WHEEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/ 2023)
18104020065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PICKER WHEEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/ 2023)
18104020065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman mufradat siswa masih rendah, karena guru terbiasa menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Picker Wheel ini dapat meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas V MI Sultan Agung Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan media pembelajaran dan penerapan media untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan media Picker Wheel dalam meningkatkan mufradat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan model eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Sultan Agung Yogyakarta tahun ajaran 2022/ 2023 dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa proses eksperimentasi penggunaan media Picker Wheel ini siswa sangat antusias, dibuktikan dengan siswa berkeinginan maju kedepan untuk mulai memutar medianya. Terdapat peningkatan penguasaan mufradat antara hasil pretest dan posttest siswa setelah diberi perlakuan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menghasilkan nilai Sig. (2 tailed) uji Paired Sample T Test kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil rata – rata hasil posttest 81,18 lebih tinggi daripada hasil pretest yaitu 58,93.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Picker Wheel, Mufradat, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 11:16
Last Modified: 08 Feb 2023 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum