IDENTIFIKASI TIPE STOMATA DAUN PADA TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI KAMPUNG PELEMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK E-KATALOG

Adelia Neni Afifah Faradina, NIM.: 17106080044 (2022) IDENTIFIKASI TIPE STOMATA DAUN PADA TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI KAMPUNG PELEMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK E-KATALOG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI TIPE STOMATA DAUN PADA TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI KAMPUNG PELEMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK E-KATALOG)
17106080044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI TIPE STOMATA DAUN PADA TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI KAMPUNG PELEMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK E-KATALOG)
17106080044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe stomata tumbuhan angiospermae di Kampung Peleman, serta mengembangkannya menjadi sumber belajar berupa e-katalog dan mengetahui kualitas e-katalog yang dikembangkan. Penelitian ini terdiri dari penelitian identifikasi tipe stomata dan penelitian pengembangan e-katalog sebagai sumber belajar biologi. Penelitian identifikasi tipe stomata merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode jelajah menggunakan teknik purposive sampling dan metode replika. Pada penelitian ini identifikasi tipe stomata yang dimaksud adalah tipe berdasarkan bentuk dan susunan sel tetangga. Hasil penelitian ini diperoleh 8 tipe stomata diantaranya tipe parasitik, anomositik, anisositik, diasitik, siklositik, tetrasitik, heksasitik dan gramineous dari 57 jenis tumbuhan angiospermae dengan kelas dikotil dan monokotil. Penelitian pengembangan e-katalog tipe stomata tumbuhan angiospermae menggunakan model ADDIE. E-katalog yang dikembangkan kemudian diuji kualitasnya kepada ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan uji terbatas pada 1 guru biologi dan 10 siswa kelas XI MIPA di SMA N 5 Yogyakarta. Uji kualitas e-katalog diperoleh hasil penilaian 90,26% kategori Sangat Baik dari ahli materi, 80% kategori Baik dari ahli media, 97% kategori Sangat Baik dari peer reviewer, 92% kategori Sangat Baik dari guru biologi dan 87% kategori Sangat Setuju dari peserta didik. Sehingga diperoleh rerata penilaian 89,38% dengan kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Jaringan Tumbuhan, Epidermis, Stomata, E-katalog
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 13:59
Last Modified: 08 Feb 2023 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum