PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA MTSN 1 GUNUNGKIDUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Yessy Amalia Tristianingrum, NIM.: 18104010095 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA MTSN 1 GUNUNGKIDUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA MTSN 1 GUNUNGKIDUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK)
18104010095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA MTSN 1 GUNUNGKIDUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK)
18104010095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika adanya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki Indonesia pada tahun 2020. Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring (pembelajaran jarak jauh), hybrid (menggabungkan antara daring dan luring), juga PTMT (pembelajaran tatap muka terbatas). Sehingga dalam penggunaan teknologi sehar-hari, dibutuhkannya kemampuan literasi digital juga pengaplikasiannnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan literasi digital siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penlitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan jumlah popuulasi sebanyak 90. Metode yang digunakan untuuk menganalisis data adalah menggunakan regresi linier sederhana dan uji determinan dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabbel (X) Literasi digital berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Gunungkidul. Hal tersebut ditnjukkan dari hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,329 dibandingkan r tabel tingkat signifikan 5% N=50 sebesar 0,279. Jadi r hitung lebih besar dari r tabel maka dapat ditarik bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan koefisien determinasi sebesar sebesar 10,8 (dibulatkan menjadi 11%) atau 11 %, maka berpengaruuh positif. 2) Setiap kenaikan satu satuan variabel bebas (Literasi digital) akan menyebabkan kenaikan hasil belajar sebanyak 0,741

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid., M.Ag
Uncontrolled Keywords: iterasi Digital, Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Literasi Digital, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Literasi Informasi
Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Feb 2023 14:36
Last Modified: 08 Feb 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum