PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022

Nur Islamiah, NIM.: 18104020006 (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SD IT WIHDATUL UMMAH BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana proses implementasi strategi active learning model Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Bima. 2. Untuk mengetahui bagaiamana persepsi siswa setelah implementasi strategi active learning model Index Card Match dalam pembelajaraan bahasa Arab kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Bima. 3. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh implementasi strategi active learning model Index Card Match terhadap persepsi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Bima. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Postest Design. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik total sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Bima yang terdiri dari 25 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan satistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Proses implelemtasi strategi active learning model index card match berada pada kategori sangat tinggi (100%), hal ini membuktikan bahwa guru dan siswa memahami dan mampu menerapkan langkah-langkah strategi active learning model index card match dalam pembelajaran bahasa Arab secara efektif. 2. Persepsi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab setelah implementasi strategi active learning model index card match berada pada kategori “sangat positif” dengan nilai rata-rata 81,32 dibanding sebelum implementasi strategi active learning model index card match berada pada kategori “sedang” dengan nilai rata-rata 54,68. 3. Hasil Analisis statistik inferensial data uji hipotesis (Wilcoxon Signed Ranks Test) diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, hal ini membuktikan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh implementasi strategi active learning model index card match terhadap persepsi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV SD IT Wihdatul Ummah Bima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Bahasa Arab, Index Card Match
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:26
Last Modified: 09 Feb 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum