EFEKTIFITAS APLIKASI MARBEL BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS 3D SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Syarifah Aulia Zalzabillah Lubis, NIM.: 18104080064 (2022) EFEKTIFITAS APLIKASI MARBEL BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS 3D SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS APLIKASI MARBEL BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS 3D SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS APLIKASI MARBEL BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS 3D SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
18104080064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dari studi pendahuluan yang penulis lakukan di kelas 3D SDIT Salsabila 3 Banguntapan terdapat 3 siswa yang masih mengalami kesulitan membaca. Dalam penelitian ini peneliti tertarik menggunakan Aplikasi Marbel Belajar Membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menyenangkan dan menarik perhatian anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah Aplikasi Marbel Belajar Membaca efektif terhadap kemampuan membaca siswa disleksia kelas 3D SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) Seberapa efektif Aplikasi Marbel Belajar Membaca terhadap kemampuan membaca siswa berkesulitan belajar di kelas 3D SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan subjek penelitian tunggal atau yang dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pola desain penelitian subjek tunggal dengan bentuk rancangan desain A-B-A. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3D SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Adapun sampel sumber data yang diambil yaitu tiga siswa kelas 3D yang terindikasi siswa berkeulitan belajar. Variabel independen dalam penelitian ini adalah aplikasi Marbel Belajar Membaca, variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Aplikasi Marbel Belajar Membaca efektif terhadap kemampuan membaca siswa berkesulitan belajar. Hal ini dapat di buktikan dengan adanya peningkatan skor ketercapaian subjek yang didapat pada setiap fase saat sebelum di berikan perlakuan dan sesudah di berikan perlakuan menggunakan Aplikasi Marbel Belajar Membaca. Hal ini didukung dengan presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi subjek pada baseline 1 dan fase intervensi yaitu 0 dan fase intervensi dengan baseline 2 yaitu 33,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran, Berkesulitan Belajar, Aplikasi Marbel Belajar Membaca
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 09:50
Last Modified: 09 Feb 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum