EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Ainie Rahmah, NIM.: 18106000048 (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA)
18106000048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA)
18106000048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP Kabupaten Kulon Progo, yaitu SMP Negeri 4 Wates pada 29 Maret 2022 sampai 31 Mei 2022. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dari kelas VII. Digunakan 2 kelas dari 5 kelas hasil pemilihan sampel dengan menggunakan metode random sampling, yaitu kelas VII A dan VII B. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes uraian berupa pretest dan posttest, instrumen digunakan untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa sebelum diberikan treatment dan setelah diberikan treatment. Adapun treatment yang dimaksud adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Data yang didapatkan dari instrumen tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dikarenakan data yang tidak terdistribusi normal serta tidak homogen. Pada penelitian ini kemungkinan untuk mengatakan treatment yang diberikan efektif dengan melihat adanya perbedaan rata-rata posttest dengan rata-rata pretest, serta pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan literasi siswa, yang ditunjukan oleh hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah . Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 5 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata posttest dengan rata-rata pretest. Selain itu didapati dari hasil penelitian bahwa sebanyak 75% siswa mengalami kenaikan hasil pretest ke posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Matematics Education terhadap literasi Matematika efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumbaji Putranto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Literasi Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:44
Last Modified: 09 Feb 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum