PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X MAN 2 KEBUMEN

Sofy Ulin Nuha, NIM.: 18106080051 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X MAN 2 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
18106080051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SUBMATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X MAN 2 KEBUMEN)
18106080051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap e-modul biologi berorientasi keterampilan berpikir kritis pada submateri vertebrata untuk kelas X MAN 2 Kebumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrument yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk lembar penilaian validasi produk oleh ahli media, ahli materi, serta respon guru biologi dan siswa. Selanjutnya data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan mendapat penilaian dari ahli media sebesar 80% dengan kategori layak, ahli materi sebesar 89,3%, dan guru biologi sebesar 97,3% dengan kategori sangat layak. Selain itu, penilaian dari siswa memperoleh sebesar 85,7 % pada uji coba skala kecil dan 88,2% pada uji coba skala besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul biologi berorientasi keterampilan berpikir kritis pada submateri vertebrata yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Keterampilan Berpikir Kritis, Vertebrata, Bahan Ajar.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:55
Last Modified: 09 Feb 2023 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum