PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOCRIBE BAGI SANTRI MA PONDOK PESANTREN MIFTAHUNNAJAH SLEMAN YOGYAKARTA

Wahyu Rahmadsyah Berutu, NIM.: 19204020032 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOCRIBE BAGI SANTRI MA PONDOK PESANTREN MIFTAHUNNAJAH SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODĀT MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOCRIBE BAGI SANTRI MA PONDOK PESANTREN MIFTAHUNNAJAH SLEMAN YOGYAKARTA)
19204020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODĀT MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOCRIBE BAGI SANTRI MA PONDOK PESANTREN MIFTAHUNNAJAH SLEMAN YOGYAKARTA)
19204020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan mufrodāt santri kelas X MA Miftahunnajah Sleman Yogyakarta. Hal ini didasari bahwasanya sebagian besar santri berasal dari sekolah umum yang belum pernah belajar bahasa Arab. Disamping itu pembelajaran dewasa ini menuntut adanya inovasi dan integrasi dengan teknologi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media berbasis multimedia menggunakan Videoscribe dalam pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk: 1) Mendesain media Videoscribe dalam pembelajaran mufrodāt. 2) Menguji validasi media. 3) Mengetahui kelayakan dan efektivitas media Videoscribe dalam meningkatkan penguasaan mufrodāt santri MA Miftahunnajah Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan media Videoscribe dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media. Sedangkan variabel yang kedua yaitu adanya peningkatan mufrodāt santri setelah diterapkannya media Videoscribe pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media Videoscribe untuk santri kelas X semester ganjil. Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli materi terhadap produk ini mendapatkan skor 59 dari skor tertinggi 70 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 84,28%. Hasil penilaian dari ahli media terhadap produk ini mendapatkan skor 65 dari skor 70 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 92,85. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok luas pada santri kelas X MA Miftahunnajah Sleman menunjukkan adanya peningkatan mufrodāt santri dengan rata-rata posttest (77,08) lebih besar dari nilai pretest (62,60). Hasil perhitungan dengan menunjukkan uji t bahwa nilai signifikan 0,000 < dan setelah penggunaan media Videoscribe berpengaruh positif terhadap prestasi pembelajaran mufrodāt santri dan media Videoscribe dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mufrodāt untuk peserta didik kelas X SMAI/MA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. M. Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran, Videoscribe
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:49
Last Modified: 10 Feb 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum