PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA BAGI YOUTUBER TERKAIT FENOMENA VIDEO REACTION DI YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Nur Qomaruddin, NIM.: 15380062 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA BAGI YOUTUBER TERKAIT FENOMENA VIDEO REACTION DI YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA BAGI YOUTUBER TERKAIT FENOMENA VIDEO REACTION DI YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
15380062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA BAGI YOUTUBER TERKAIT FENOMENA VIDEO REACTION DI YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
15380062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manfaat internet memang cukup banyak dan sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari karena masyarakat bisa mengakses internet untuk mencari informasi atau sekedar menambah wawasan. Saat ini, video menjadi hal yang sangat diminati oleh masyarakat, baik itu video yang berupa hiburan, pendidikan, informasi atau lainnya. Di era ini, salah satu situs berbagi video atau video sharing terpopuler dan paling banyak dikunjungi adalah YouTube, karena dapat diakses oleh semua kalangan secara gratis. Belakangan ini banyak sekali pengisi konten kreatif di YouTube membuat konten video dengan menggunakan sebagian atau seluruh konten video YouTube orang lain. Ada juga beberapa pihak pemilik akun YouTube menggunakan video orang lain untuk direaksi yang kemudian diunggah kembali di akun YouTube miliknya tanpa sepengetahuan pencipta video tersebut. Pengaturan hak cipta di YouTube sangat diawasi ketat dikarenakan sebuah video merupakan termasuk karya sinematografi sebagai suatu ciptaan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UUHC). Hal tersebut sangat berkaitan mengingat konten Youtube saat ini dapat bernilai karena adanya fitur monetisasi di dalamnya sehingga perlindungan hukum terhadap konten pemilik Youtube dapat dilihat dengan jelas tentang batasan-batasan ketika mereaksi suatu video yang dimiliki orang lain. Selain itu, terdapat keterikatan apabila dikaji menggunakan hak kepemilikan dalam literature syariah, dikarenakan haltersebut dapat mengidentifikasi hal-hal yang dapat melanggar secara kepemilikan dalam suatu karya yang diunggah di Youtube. Dengan beberapa alat yang digunakan dengan literature menurut perspektif hukum positif dan perspektif hukum islam. Maka ada beberapa pelanggaran perlindungan hukum serta aspek-aspek yang menyebabkan seorang Youtuber bisa dianggap melanggar hukum ketika membuat konten video reaction terhadap konten youtuber lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Drs. H. Makhrus, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum; hak cipta; video reaction; hak milik; HKI
Subjects: Ekonomi Syariah
HAKI - Hak Kekayaan Intelektual
Media Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:11
Last Modified: 15 Feb 2023 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum