ANALISIS BUKU “AL-MUHADASAH JILID 1 TARIQAH SARIAH WASAHLAH FI TA’ALLUM AL-MUHADASAH BI AL-LUGHOH AL-‘AROBIYYAH ” (Tinjauan Materi : Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi)

Ahmad Futunul Fikri, NIM.: 15420059 (2022) ANALISIS BUKU “AL-MUHADASAH JILID 1 TARIQAH SARIAH WASAHLAH FI TA’ALLUM AL-MUHADASAH BI AL-LUGHOH AL-‘AROBIYYAH ” (Tinjauan Materi : Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU “AL-MUHADASAH JILID 1 TARIQAH SARIAH WASAHLAH FI TA’ALLUM AL-MUHADASAH BI AL-LUGHOH AL-‘AROBIYYAH ” (Tinjauan Materi : Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi))
15420059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU “AL-MUHADASAH JILID 1 TARIQAH SARIAH WASAHLAH FI TA’ALLUM AL-MUHADASAH BI AL-LUGHOH AL-‘AROBIYYAH ” (Tinjauan Materi : Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi))
15420059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab “Al-Muhadas|ah Jilid 1 Tariqah Sariah Wa Sahlah Fi Ta’allum Al-Muhadas|ah Bi Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah” ditinjau dari segi materi menurut BSNP dan kesesuaian tahap penyajian berdasarkan seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi buku ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka, sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif terkait buku tersebut. Analisis tersebut dilakukan dengan langkah-langkah berikut: 1) menggali informasi terkait buku tersebut 2) menentukan teori sebagai pedoman analisis 3) mengomparasikan materi buku teks dengan teori 4) mengklasifikasikan data berdasaran pada kriteria yang ditentukan dalam rumusan masalah dan 5) menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku pelajaran bahasa Arab Al-Muhadasah Jilid 1 Tariqah Sariah Wa Sahlah Fi Ta’allum Al-Muhadas|ah Bi Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah ini 1) memiliki karakteristik yaitu, buku ini masih belum memenuhi standar buku ajar yang baik menurut BSNP terlihat dari belum adanya SK, KI, dan KD sehingga tidak ada standar pencapaian pembelajaran. 2) tahap penyajian materi pada buku ini berdasarkan seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi buku ajar tergolong baik, karena sesuai dengan tujuan penyusunan buku, yaitu mahir bercakap dengan menggunakan bahasa Arab. Dari segi seleksi, pemilihan kosakata tergolong baik, terdapat 747 kosakata dalam buku tersebut sehingga cukup banyak perbendaharaan kosakatanya. Dari segi gradasi, materi dimulai dari materi sederhana ke materi yang lebih kompleks. Dari segi presentasi, disertai dengan gambar dan tabel untuk mempermudah proses pembelajaran. Dan dari segi repetisi, terdapat pengulangan kosakata 4-9 pengulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: buku pelajaran; Bahasa Arab; buku ajar; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:15
Last Modified: 14 Feb 2023 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum