PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MTs MAARIF AL-HUDA KALIABU SALAMAN MAGELANG

Asnalmaroya, NIM.: 17104010078 (2022) PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MTs MAARIF AL-HUDA KALIABU SALAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MTs MAARIF AL-HUDA KALIABU SALAMAN MAGELANG)
17104010078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN DAN SISWA DI RUMAH SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 MTs MAARIF AL-HUDA KALIABU SALAMAN MAGELANG)
17104010078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika pandemi covid 19 terjadi di Indonesia dan adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk seluruh sekolah di Indonesia. MTs Maarif Al-Huda Kaliabu merupakan madrasah yang lokasinya berdekatan dengan Pondok Pesantren Mambaul Huda. Oleh karena itu, siswa siswi di MTs Maarif Kaliabu terbagi menjadi dua, ada yang tinggal di pondok pesantren dan ada yang di rumah. Melihat kondisi siswa siswi MTs Maarif Al-Huda Kaliabu yang memiliki perbedaan tempat tinggal tersebut tentu berakibat pada perbedaan proses pembelajaran selama PJJ masa pandemic yang ini akan berpengaruh pada minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di MTs Maarif Al-Huda Kaliabu terdapat masalah terkait perbedaan tempat tinggal siswa yang akan berpengaruh pada minat belajar siswa. Muncul harapan dengan adanya perbedaan tersebut menjadi fokus pendidik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa tinggi minat belajar siswa di pondok pesantren selama PJJ, mengetahui seberapa tinggi minat belajar siswa di rumah selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan menguji secara empiris perbedaan minat belajar siswa di pondok pesantren dan siswa di rumah selama PJJ masa pandemi covid 19. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang bertempat tinggal di pondok pesantren dan di rumah berjumlah 322. Kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket (kuesioner) yang telah lolos uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas datanya. Data yang terkumpul kemudian dicari rata – rata dan deviasi standar dari minat belajar siswa di pondok pesantren dan minat belajar siswa di pondok untuk selanjutnya dilakukan penyekoran. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa di pondok pesantren dan di rumah menggunakan Uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1. Minat belajar siswa MTs Maarif Al-Huda Kaliabu yang tinggal di pondok pesantren masuk dalam kategori sedang. 2. Minat belajar siswa MTs Maarif Al-Huda Kaliabu yang tinggal di rumah masuk dalam kategori sedang. 3. Tidak terdapat perbedaan antara minat belajar siswa MTs Maarif Al-Huda Kaliabu yang tinggal di pondok pesantren dan di rumah. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji-t diperoleh bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Sholeh S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: minat belajar; pembelajaran jarak jauh; minat belajar; pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Feb 2023 14:21
Last Modified: 14 Feb 2023 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum