PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK BUNGA BERKEMBANG MLANGI GAMPING SLEMAN

Miftakhul Hikmah, NIM.: 17104030038 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK BUNGA BERKEMBANG MLANGI GAMPING SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK BUNGA BERKEMBANG MLANGI GAMPING SLEMAN)
17104030038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK BUNGA BERKEMBANG MLANGI GAMPING SLEMAN)
17104030038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman tidak dipungkiri jika orang tua mengenalkan penggunaan gawai sejak dini. Gawai yang dimaksud dalam penelitian ini adalah telepon seluler. Tentunya, gawai memiliki dampak positif dan negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. salah satu dampak negatif dari gawai yaitu anak menjadi lebih individualis sehingga anak tidak memperdulikan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan bersosialisasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat penggunaan gawai pada anak usia dini kelompok B TK Bunga Berkembang Mlangi, bagaimana tingkat kemampuan bersosialisasi anak usia dini kelompok B TK Bunga Berkembang Mlangi dan seberapa besar pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan bersosialisasi anak kelompok B di TK Bunga Berkembang Mlangi Sleman. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode kuantitatif asosiatif kausal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang pengukurannya dengan skala Likert dan diolah menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. Pertama, penggunaan gawai pada anak usia dini memiliki kategori sangat tinggi. Kedua, kemampuan bersosialisasi anak usia dini memiliki kategori sangat tinggi. Ketiga, tidak terdapat pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan bersosialisasi anak kelompok B TK Bunga Berkembang Mlangi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 9,5% dan nilai signifikansi 0,329 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia dini kelompok B TK Bunga Berkembang Mlangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan M.Pd
Uncontrolled Keywords: gawai; kemampuan bersosialisi; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:14
Last Modified: 15 Feb 2023 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum