EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDIT 'BAIK' (Bina Anak Islam Krapyak) YOGYAKARTA

Lulluk Farida, NIM.: 17104080091 (2022) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDIT 'BAIK' (Bina Anak Islam Krapyak) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDIT 'BAIK' (Bina Anak Islam Krapyak) YOGYAKARTA)
17104080091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDIT 'BAIK' (Bina Anak Islam Krapyak) YOGYAKARTA)
17104080091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ketetapan pemerintah sistem daring diganti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan waktu yang sedikit dan materi yang banyak, terlebih setelah peneliti melihat pembelajaran di SDIT tersebut pasif maka diperlukan media pembelajaran yang dapat menyajikan materi yang ringkas dan efisien Hal ini sejalan dengan tujuan penelitian ini yakni untuk membuktikan efektivitas media video dan seberapa besar tingkat efektivitas media video di kelas V SDIT BAIK Yogyakarta. Metode ini mengunakan metode eksperimen dengan desain penelitian eksperiment Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini juga menambahkan data dari angket dan wawancara sebagai data pelengkap. Sebelum diberlakukan treatment peserta didik diberikan pretest, sasarannya kelas V siswa SDIT BAIK Yogyakarta. Terdiri dari 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB, hasil pretest harus setara atau paling tidak memiliki pebedaan yang sedikit. Sehingga penelitian menjadi valid bila dilakukan. Setelah pretest, peserta didik diberikan treatment media video pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Kemudian diberikan posttest diakhir pertemuan. Data yang sudah didapat diuji terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal dan homogen maka uji tahap selanjutnya tidak menggunakan uji hipotesis independent sample t tes melainkan uji mann whithney. Hasil penelitian ini menjukkan hasil yang cukup efektif. Terbukti dengan hasil uji hipotesis mann whitney signifikansi 0,002 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas V SDIT BAIK Yogyakarta. Hasil angket dan wawancara menghasilkan data yang sama, yakni media video efektif digunakan dalam pembelajaran. Dikuatkan lagi dengan munculnya hasil N-gain menunjukkan score 0,6 (sedang) dan N-gain persen 56,1% (cukup efektif), hasil tersebut menandakan bahwa media video dapat digunakan dan cukup efektif diaplikasikan pada kelas V SDIT BAIK Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tatap muka terbatas; efektivitas pembelajaran; media video
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:37
Last Modified: 15 Feb 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum