IMPLEMENTASI TEKNIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL & SOSIAL PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Dewi Lutfiani, NIM.: 18104010097 (2022) IMPLEMENTASI TEKNIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL & SOSIAL PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEKNIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL & SOSIAL PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
18104010097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEKNIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL & SOSIAL PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
18104010097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti melihat adanya ketidaksesuaian antara teknik yang tercantum dalam RPP dengan tahap pelaksanaan penilaian sikap. Pada tahap perencanaan (RPP), guru telah menentukan 3 teknik penilaian yaitu teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian Antarteman. Namun, dalam pelaksanaannya guru hanya menggunakan teknik observasi dengan instrumen penilaian berbentuk jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang teknik penilaian, proses pelaksanaan dan problematika dalam penilaian sikap spritual dan sosial dalam pembelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field research). Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang beragama Islam. Objek penelitian ini adalah teknik penilaian sikap spiritual dan sosial dalam pembelajaran PAI. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. 15 pertanyaan wawancara untuk guru dan 7 pertanyaan untuk siswa. Observasi terdiri dari 5 aspek yang diamati tehadap pelaksanaan penilaian sikap dalam kegiatan pembelajaran. Dokumentasi berupa RPP dan hasil penilaian sikap spiritual dan sosial siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Teknik penilaian sikap spiritual dan sosial menggunakan teknik observasi atau pengamatan dengan instrument berbentuk jurnal. (2) Proses penilaian sikap dimulai dari merancang RPP yang berpatokan pada SE Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Pedoman penilaian menggunakan predikat berupa Huruf A (Sangat Baik), B(Baik), dan C(Cukup). Guru PAI sudah menggunakan KKM untuk dijadikan rujukan dalam pengambilan keputusan ketuntasan penilaian sikap siswa. Kemudian untuk (feed back) umpan balik terhadap penilaian sikap siswa telah dilakukan dengan sangat baik oleh guru. Pelaksanaan penilaian sikap spritual dilakukan dengan cara mengamati perilaku peserta didik didukung dengan pemberian penugasan terhadap siswa. Pelaksanaan penilaian sikap sosial juga dilakukan dengan cara mengamati perilaku siswa dari proses diskusi dan presentasi dalam proses pembelajaran untuk kemudian dicatat ke dalam jurnal. (3) Problematika dalam pelaksanaan penilaian sikap spritual dan sikap sosial dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Yogyakarta adalah waktu dan latar belakang (background) yang dimiliki masing-masing siswa. Selain itu, karakter/sikap siswa yang tentunya berbeda-beda sehingga guru sulit untuk menganalisis sikap masing-masing siswa secara akurat/pasti. Kemudian untuk upaya mengatasi hasil belajar siswa pada ranah sikap yang kurang baik, adalah dengan cara tidak memberikan hukuman/sanksi yang berat, tetapi melalui pembinaan yang bersifat mendidik. Contohnya dengan pembiasaan membaca Al-Qur’an ataupun sholat sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: karakter; teknik penilaian; sikap spiritual; sikap sosial; pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:45
Last Modified: 15 Feb 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum