PENGARUH METODE MENGAJAR DALAM HOME VISIT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI AL-ALBANI KARANGANYAR PADA ERA PANDEMI COVID 19

Lathifa Miftahul Jannah, NIM.: 18104010101 (2022) PENGARUH METODE MENGAJAR DALAM HOME VISIT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI AL-ALBANI KARANGANYAR PADA ERA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE MENGAJAR DALAM HOME VISIT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI AL-ALBANI KARANGANYAR PADA ERA PANDEMI COVID 19)
18104010101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE MENGAJAR DALAM HOME VISIT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI AL-ALBANI KARANGANYAR PADA ERA PANDEMI COVID 19)
18104010101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika adanya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki Indonesia. Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring mulai tidak efektif terkendala oleh beberapa hal, terlebih untuk mengajarkan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Maka dengan itu SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar memberi kebijakan dengan metode Home Visit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran mengenai pengaruh Metode Mengajar Dalam Home Visit guna meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posstest Design. Dengan subjek populasi kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS 25 dan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh dari uji normalitas Asymp sig = 0,200 nilai asymp.sig lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Nilai rata-rata Posstest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 40,6667 menjadi 80,5. Berdasarkan hasil uji t terdapat nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,00 maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (H0 ditolak). Dengan demikian Terdapat pengaruh penggunaan Metode Mengajar Dalam Home Visit terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: metode home visit; hasil belajar; Al-Qur’an Hadist
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:52
Last Modified: 15 Feb 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum