PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MENGGUNAKAN LARVA LALAT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DI PASAR TRADISIONAL MANGIRAN SRANDAKAN BANTUL

Alfiatun Hasanah, NIM.: 18106040017 (2022) PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MENGGUNAKAN LARVA LALAT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DI PASAR TRADISIONAL MANGIRAN SRANDAKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MENGGUNAKAN LARVA LALAT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DI PASAR TRADISIONAL MANGIRAN SRANDAKAN BANTUL)
18106040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MENGGUNAKAN LARVA LALAT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens L.) DI PASAR TRADISIONAL MANGIRAN SRANDAKAN BANTUL)
18106040017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sampah menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh berbagai negara. Salah satu sumber sampah organik terbesar dihasilkan oleh kegiatan pasar tradisional. Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan memanfaatkan larva dari lalat Black Soldier Fly (Hermetia iilucens L.) karena pengaplikasian yang sederhana dan cepat dalam mereduksi sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil persentase konsumsi pakan dan indeks pengurangan sampah oleh larva BSF. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 kali pengulangan dengan perlakuan jenis pakan yaitu sampah sayur dan buah yang diperoleh dari Pasar Mangiran dengan rasio 1:0, 0:1, 1:1, 1:3, 3:1. Untuk setiap ulangan menggunakan 50 ekor larva BSF. Setiap reaktor diberikan pakan sebanyak 200 gram/3 hari. Parameter yang diamati adalah suhu dan kelembapan udara pada media larva, pertumbuhan panjang tubuh larva, konsumsi pakan, indeks pengurangan sampah dan tingkat keberhasilan hidup/survival rate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis sampah sayur dan buah dengan rasio 3:1 memberikan hasil tertinggi terhadap pertumbuhan larva BSF dengan panjang tubuh 22 mm, nilai konsumsi pakan yaitu sebesar 44,47%, nilai indeks pengurangan sampah sebesar 14,82%, dan survival rate 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aisah., S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Larva Black Soldier Fly (BSF), Pasar, Sampah, Sampah Buah, Sampah Sayur
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:45
Last Modified: 16 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum